Kurikulum
Kurikulum
MainImage_A17
Sebaran Mata Kuliah
Capain Pembelajaran
SIKAP [S]
  • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan Integritas Kemuhammadiyahan [S1];
  • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam melaksanakan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika [S2];
  • Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila [S3];
  • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa [S4];
  • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain [S5];
  • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara [S6];
  • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara [S7];
  • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik [S8].
PENGUASAAN PENGETAHUAN [PP]
  • Mampu memahami konsep, teori, metode, strategi dan model pembelajaran Biologi di jenjang sekolah Menegah [PP 1];
  • Mampu memahami nilai kemanusiaan, keimanan, dan kemuhammadiyahan serta implikasinya bagi pembentukan kepribadian [PP 2];
  • Mampu menentukan rencana pembelajaran Biologi dalam berbagai model menurut berbagai pakar bidang Biologi di tingkat pendidikan menengah [PP 3];
  • Mampu memahami desain pembelajaran bidang Biologi di setiap jenjang pendidikan [PP4];
  • Mampu memahami ide, hasil pemikiran, dan argument saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas [PP 5];
  • Mampu menguraikan permasalahan lingkungan dengan menggunakan pedekatan ilmu pendidikan maupun ilmu biologi [PP 6];
  • Mampu memahami literasi media pembelajaran biologi berbasis IT di setiap jenjang pendidikan [PP 7];
  • Mampu mengkritisi pengembangan desain evaluasi pembelajaran Biologi di setiap jenjang pendidikan [PP 8].
KETERAMPILAN UMUM [KU]
  • Mampu mengembangkan konsep, teori, metode, strategi, model dan falsafah pembelajaran Biologi di sekolah menegah [KU 1];
  • Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan hubungan sosial yang lebih luas [KU 2];
  • Mampu mengembangkan rencana pembelajaran Biologi dalam berbagai model menurut berbagai pakar bidang Biologi di tingkat pendidikan dasar dan menengah [KU 3];
  • Mampu mengembangkan desain evaluasi pembelajaran Biologi di setiap jenjang pendidikan [KU 4];
  • Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji [KU 5];
  • Mampu menjadi pemerhati lingkungan baik pada bidang pendidikan maupun bidang biologi di berbagai lembaga yang berkompeten [KU 6];
  • Mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis IT di setiap jenjang pendidikan [KU 7];
  • Mampu menyusun kembali hasil evaluasi pembelajaran biologi di setiap jenjang pendidikan [KU 8].
KETERAMPILAN KHUSUS [KK]
  • Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji [KK 1];
  • Mampu menghasilkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan [KK 2];
  • Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter atau multidisipliner [KK 3];
  • Mampu mendisain dan mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional [KK 4];
  • Mampu menyusun kembali penelitian pendidikan Biologi di berbagai lembaga yang kompeten maupun di tingkat pergurua tinggi [KK 5];
  • Mampu mengkatagorikan bidang keahlian yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin [KK 6];
  • Mampu menghasilkan produk media pembelajaran berbasis IT di setiap jenjang pendidikan dan mampu menggunakan tools untuk mengembangkan media pembelajaran [KK 7];
  • Mampu mengkombinasikan pembelajaran secara mandiri dan kooperatif serta mendokumentasikan, menyimpan data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi [KK 8].
Profil Lulusan
  • Calon Guru Biologi
  • Praktisi Bidang Biologi
  • Analis Lingkungan
Kalender Akademik TS 2020 - 2021
Kalender Akademik TS 2021 - 2022
Kalender Akademik TS 2022 - 2023